Pesan Produk Sekarang

SERVICE LAPTOP JOGJA - SHORT 19 VOLT PADA LAPTOP

SERVICE LAPTOP JOGJA
ARTIKEL TENTANG SHORT JALUR 19 VOLT LAPTOP


Ciri-Ciri Yang Paling Menonjol Dari Kasus Short Pada Laptop <<SERVICE LAPTOP>>
-Ketika adaptor dicolok, indikator lampu adaptor langsung mati / redup
-Ketika tombol power ditekan tegangan langsung drop dan laptop gagal switch
-Setelah tombol power ditekan laptop menyela beberapa detik kemudian langsung mati, dll
Cara Menganalisa Letak Kerusakan
1. Tentunya kita harus membongkar seluruh sparepart dan casing laptop tersebut hingga tinggal unit motherboardnya saja, untuk alat deteksi anda bisa menggunakan multimeter digital yang disertai fitur buzzer.
2. Khusus dalam menganalisa  kasus short adaptor tidak akan berfungsi, karena dalam kondisi ini nilai tegangan 19V akibat dari komponen maupun jalur yang mengalami hubungan singkat. Jadi disini peranan buzzer sangat diperlukan.
Cara mengetahui apakah short tersebut terjadi pada instalasi jalur utama ataukah short terjadi pada beban.
1.      Pertama atur knop multimeter pada posisi buzz
2.      Selanjutnya perhatikan komponen pada motherboard anda bisa menemukannya dijalur depan dekat konektor carger.
3.      Jika didalam skema anda bisa melihat simbol dari komponen tersebut. Komponen tersebut adalah mosfet p-chanel. Berfungsi sebagai saklar otomatis yang dikendalikan oleh sircuit control (pwm).
Idealnya jika tegangan 19v ini lolos maka akan menjadi sumber tegangan utama bagi beban, umunya disebut dengan istilah (b+), pada sebagian laptop biasanya b+ ditandai dengan dipasangnya sebuah jumper seperti yang kami tandai warna merah. Jumper tersebut berfungsi untuk memisahkan antara rangkaian instalasi utama 19v dengan beban. Jika jumper tersebut diangkat maka hubungan antara beban dengan rangkaian power utama terputus, melalui jumper tersebut anda bisa melakukan pengukuran/buzzer.
Akan tetapi masalahnya tidak semua motherboard difasilitasi dengan jumper tersebut, maka dari itu jika motherboard anda tidak disertai jumper seperti yang saya contohkan diatas anda bisa mengangkat salah satu komponen mosfet p-chanel.
Secara otomatis sekarang rangkaian power utama dengan beban sudah terputus / tidak terhubung. Langkah selanjutnya lakukan buzzer dengan cara meletakkan probe hitam / negatif multimeter pada ground (lubang baut) dan probe merah / positf pada jalur kaki mosfet yang terhubung ke jalur power utama, dengarkan apakah terdengar suara buzz atau tidak, buzz ditandai dengan suara beep panjang pada multimeter.

Keterangan pengukuran pin out mosfet p-chanel sbb :
Kaki no 1,2,3  (source)
Kaki no 4  (gate)
Kaki no 5,6,7,8  (drain)
Lakukan juga cara pengukuran yang sama pada jalur yang terhubung ke beban
Dari hasil buzzer disini bisa disimpulkan jika buzzer terjadi pada jalur yang terhubung ke power utama, berarti permasalahan short ini terjadi pada jalur power utama tersebut. Begitupun sebaliknya jika buzz terjadi pada jalur yang terhubung ke beban.
Setelah anda mengetahui lokasi dari titik permasalahan atas kasus short tersebut anda tinggal meng-ekskusi komponen-komponen yang berpotensi short pada jalur tersebut. Biasanya komponen yang paling berpotensi terjadi short adalah komponen kapasitor
Cara mengatasi kerusakan pada short jalur 19V
1.                    Langkah pertama, pastikan dulu bahwa penyebab masalah pada mainboard adalah kerusakan atau short pada jalur 19v. Caranya kita bisa menggunakan adaptor yang menggunakan lampu indikator, dan tandanya adalah jika kita colokkan adaptor tersebut maka lampu indikator tadi langsung mati, maka itu bisa dipastikan karena terjadinya short pada jalur 19V. Atau kita bisa menggunakan psu jika volt-nya turun dan ampere naik maka itu bisa dipastikan juga short di jalur 19v.
Penyebab short di jalur 19v itu terdapat tiga kategori komponen:
-Dioda
Untuk komponen dioda, letaknya ada di dekat colokkan charger. Biasanya terdapat tiga komponen dioda.
Untuk mengetahui apakah short terjadi di dioda adalah dengan melakukan pengukuran menggunakan multitester. Dan biasanya juga, kalau salah satu dari tiga dioda tersebut mengalami short maka dua dioda lainnya juga akan mengalami short
-Mosfet
Misalnya mosfet P7410 dengan kode PQ45.
-Kapasitor keramik di jalur 19v
Biasanya yang bentuknya lebih besar dari yang lainnya. Jika short tersebut berada di kapasitor-kapasitor keramik pada jalur 19v, itu biasanya salah satunya mengalami keretakan atau pecah. Bisa dicari dengan psu atau menggunakan kaca pembesar.

Koleksi Produk Lainnya :

 
Copyright © 2014. LSC JOGJA - Design: Chan LSC