Pesan Produk Sekarang

SERVICE LAPTOP JOGJA- MENGENAL BIOS LAPTOP

 SERVICE LAPTOP JOGJA

Mengenal BIOS Laptop / Komputer

Pada komputer dan tentu juga notebook, Basic Input Output System atau lebih dikenal dengan nama BIOS unsur de facto antarmuka komputer kepada pengguna.
Perangkat lunak BIOS dibuat secara built-in ke dalam komputer dan merupakan kode pertama yang dieksekusi saat komputer sedang diaktifkan.
Saat komputer dinyalakan, tugas pertama BIOS adalah menginisialisasi dan mengidentifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, Kartu Grafis, Keyboard, Mouse, Harddisk, dan perangkat keras (hardware)Lainnya. Kedua, BIOS laptop memuat dan menjalankan sistem operasi. Ketiga, melakukan konfigurasi dasar sistem seperti tanggal, waktu, konfigurasi komputer, sampai dengan kestabilan komputer.
Untuk masuk ke dalam bios, silahkan lihat kombinasi tombol.

laptop service jogja

Komponen dalam BIOS meliputi:

  1. Program pengaturan BIOS yang memungkinkan pengguna dapat mengubah konfigurasi komputer sesuai keinginan.
  2. Driver untuk perangkat keras, seperti video adapter, perangkat input, CPU, dan bebrapa perangkat lainnya untuk sistem operasi dasar 16 -bit (khususnya basis keluarga DOS).
  3. Program bootstrapper yang memungkinkan operasi sistem yang terpasang (misalnya keluarga windows dan juga linux) dapat dijalankan.

BIOS dan NVRAM

Pada awalnya BIOS disimpan ke dalam chip read-only pada motherboard. Mengapa disimpan secara read-only, karena agar BIOS dapat dieksekusi saat komputer dinyalakan tanpa harus menunggu menyalakan perangkat media penyimpanan yang memakan waktu relatif lama.
Sekarang, BIOS pada komputer modern disimpan pada chip read-write, sehingga dapat dengan mudah diubah oleh pengguna.
NVRAM – RTC (Non-Volatile Random Access Memory – Real Time Clock) atau lebih dikenal sebagai (Complimentary Metal-Oxide Random Memory) adalah chip penyimpanan konfigurasi BIOS, ditempatkan terpisan dari chip BIOS yang read-only.
Meskipun dikatakan non-volatile, NVRAM merupakan chip yang volatile sehingga data yang ada didalamnya akan hilang jika daya listriknya terputus.
Karena itulah, NVRAM membutuhkan daya dari sebuah baterai pipih (mirip baterai jam dan kalkulator) berbahan lithium
Pada umumnya jika tidak terdapat daya untuk NVRAM, maka akan muncul pesan CMOS Checksum Error atau terkadang NVRAM Checksum Error.
Dikarenakan RAM memiliki kecepatan 3 kali lebih cepat daripada ROM, maka dibuatlah suatu alternatif yang dinamakan BIOS SHADOWING, yaitu penyalinan isi bios ke dalam RAM agar proses eksekusi kode BIOS menjadi lebih cepat. Namun, pada kebanyakan motherboard modern, fitur ini dihapus karena operasis sistem masa sekarang lebih efisien.


laptop service jogja

Update BIOS <<SERVICE LAPTOP>>

Bahkan BIOS juga disebut firmware dikarenakan disimpan pada media read-only. Seiring kemajuan teknologi, BIOS-pun disimpan pada chip EEPROM yang dapat diubah oleh pengguna.
Upgrade BIOS dilakukan untuk mendukung processor yang baru dirilis, menutup bug, refresh BIOS, dan alasan lainnya, dengan cara mengundyh file bios dan menginstalnya melalui software maupun flasher.
Meskipun upgrade BIOS dapat dilakukan oleh level pengguna akhir, proses BIOS yang gagal (salah eksekusi, mati listrik mendadak, dan sebagainya) dapat mengakibatkan motherboard tewas dan tidak lagi mampu melakukan proses booting.
Oleh karena itu, beberapa motherboard keluaran akhir memiliki BIOS cadangan, atau bahkan memiliki sistem Dual BIOS

Untuk informasi kombinasi tombol masuk ke sistem bios bisa kunjungi website di bawah ini;

<<Kombinasi Tombol Masuk ke Sistem BIOS>>

Koleksi Produk Lainnya :

 
Copyright © 2014. LSC JOGJA - Design: Chan LSC